JavaScript

Belajar JavaScript Part 4 : Cara Membuat Variabel Pada JavaScript

Halo salam jumpa kembali di pertemuan yang ke-empat ini, masih di sesi belajar JavaScript. Sebelumnya kita pernah belajar Cara Input Kode JavaScript kedalam HTML. Pada pertemuan yang ke-empat ini saya akan mengulas tuntas tentang Pengertian dan Cara Membuat Variabel Dalam JavaScript.

Pengertian, Sifat Variabel Pada JavaScript.

Dalam bahasa program, variabel memiliki sebuah arti adalah penampung untuk sebuah nilai. Tergantung dengan niali variable tertentu, dalam JavaScript variabel dapat berupa String, Interger (angka), Boolean dan lain – lain.

Tidak seperti bahasa pemrograman dekstop, seperti Visual Basic dan C++, di dalam pemrograman JavaScript kita tidak perlu mendeklarasikan jenis tipe data. Karna seluruh variabel pada JavaScript dapat berisi nilai apapun, dan dapat diubah menjadi tipe lain sepanjang program.

Jenis pemrograman ini juga dapat dikenal sebagai Typeless Programming Languange. Salah satu bahasa pemrograman dengan jenis Typeless Programming Languange adalah PHP.


Cara Membuat Variabel Pada JavaScript.

Walaupun tidak perlu menyebutkan jenis tipe data di suatu variabel, namun kita tetap mendeklarasikan variabel pada JavaScript. Disini saya akan bagi dua untuk membuat variabel pada JavaScript, yang pertama menggunakan var dan yang ke-dua tanpa var.

Contoh penulisan menggunakan keyword var

<script>
  var a;
  var b, c, d;
  var e; var f;
  var g=12;
  var h="Saya Sedang Belajar JavaScript di IRVAN GEN";
</script>

Contoh penulisan tanpa var

<script>
  a;
  b=12;
  c=" Saya Sedang Belajar JavaScript di IRVAN GEN";
</script>

Pembuatan variabel tanpa menggunakan var memang cepat, namun itu tidak di sarankan. Walaupun variabel yang di deklarasikan tanpa var akan tetap berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya, akan tetapi JavaScript menyimpannya dengan cara berbeda. Salah satunya adalah variabel scope (yang akan kita bahas kali ini)


Jangkauan Variabel (Variabel Scope) Pada JavaScript.

Jangkauan variabel adalah konsep tentang pembatasan akses dari sebuah variabel, yaitu pada bagian mana variabel bisa di akses.

Sebuah variabel jika di deklarasikan akan bersifat global, atau dengan kata lain global variabel. Sebuah variabel jika di deklarasikan diluar fungsi maka akan menjadi global variabel.

Jika variabel di deklarasikan didalam fungsi, maka variabel hanya bisa di akses di dalam fungsi, atau bersifat lokal dengan sebutan kata lainnya adalah local variabel. Apabila kita membuat 2 variabel diantara local variabel dan global variabel di dalam fungsi, maka yang di utamakan adalah Local Variabel

Variabel didalam fungsi hanya bersifat lokal jika di deklarasikan menggunakan var, jika sebuah variabel didalam fungsi terdapat keyword tanpa var maka akan sama seperti membuat global variabel.

Dibawah ini adalah contoh konsep global variabel dan local variabel pada JavaScript.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8" />
<title>Belajar JavaScript</title>
  
<script>
var nilai = "global";
function test() {
   var nilai = "lokal";
   var nilai_lokal = "irvannurfazri";
   tanpa_var = "no_scope"; //akan menjadi global variabel!!
   console.log(nilai);
   }
 
test(); // print: lokal
console.log(nilai); // print: global
console.log(tanpa_var); //print: no_scope (bisa diakses)
console.log(nilai_lokal); //error, karena nilai_lokal adalah lokal variabel
</script>
  
</head>
<body>
<h1>Belajar JavaScript Part 4</h1>
<p> Saya sedang belajar Cara Membuat Variabel Pada JavaScript di irvannurfazri.com </p>
</body>
</html>

Hasilnya…

Pada contoh diatas saya mendeklarasikan dan membuat beberapa variabel secara lokal maupun global.

Baris ke-8 saya membuat varibel global dengan nama nilai dan memberi nilai dengan string global ke dalam varibel ini.

Kemudian membuat fungsi test() dan mendeklarasikan kembali variabel nilai, namun kali ini saya memberi nilai dengan string lokal, dan didalam fungsi ini juga saya membuat variabel baru yaitu nilai_lokal dan tanpa var

Khusus untuk varible tanpa var, sesuai dengan namanya saya mendeklarasikan tanpa menggunakan keyword var, sehingga efeknya variabel tanpa var akan menjadi global variable.

Dengan membuatt perintah console.log, kita dapat mencari tahu apa yang terjadi pada contoh kode diatas

Variabel nilai jika diakses dari luar fungsi maka akan bernilai global, sedangkan jika diakses dari dalam fungsi akan bernilai lokal. Variabel tanpa var juga sukses di tampilkan, karna variabel ini sudah menjadi global variable.

Saat mencoba untuk mengakses variabel nilai_lokal, web browser akan menampilkan error, hal ini dapat terjadi karena variabel nilai_lokal bersifat lokal di dalam fungsi test(), sehingga apabila diakses dari luar fungsi, JavaScript tidak akan melihat ini dan menampilkan error.


Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di pertemuan ini, tentang Cara Membuat Variabel Pada JavaScript. Jika kurang mengerti atau salah dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar, semoga apa yang sudah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.


Income Search

  • Cara membuat Variabel di JavaScript
  • Contoh Variabel Yang Ada Pada JavaScript
  • Variabel JavaScript
  • Pengertian Variabel JavaScript
  • Variabel Global Pada JavaScript
  • Variabel Lokal Pada JavaScript
Written by Irvan Nurfazri
No one can bring you true happiness except Allah. Founder Hobigame.id Instagram : ig.com/irvan_gen Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *