Blog

Pengertian Virus, Sejarah dan Cara Kerjanya

Hampir semua pengguna komputer pernah diserang virus, ada yang terkena efek ringan maupun berat. Karena virus yang terdapat di komputer adalah program buatan manusia yang dirancang khusus untuk menyalin dirinya atau menggandakan diri.

Nah dari sini mengapa program tersebut bisa dinamakan virus, karena mampu menyebar dengan cepat ke berbagai perangkat maupun data yang ada di dalam komputer

Berikut ini adalah pengertian virus komputer secara lengkap.


Pengertian Virus Komputer

Pengertian Virus Komputer

Virus adalah sebuah program yang bersifat merusak data maupun perangkat, faktanya kebanyakan virus itu di rancang untuk bertujuan yang tidak baik, seperti merusak data, mencuri data penting dari sistem komputer dan yang paling parahnya, menekan kinerja perangkat keras sehingga komputer yang sedang kita gunakan menyebabkan overlock dan overhead.

Namun hal yang paling berbahaya dari sebuah program virus ini adalah ketika virus ini dibuat dan disetting untuk mencuri data-data.

Baca: Pengertian Sistem Operasi

Bukan hanya pada data yang ada didalam komputer saja, virus ini sering terjadi menyerang pada flashdisk yang kosong. Pedahal jika Kita lihat dari kapasitasnya juga masih banyak.

Virus di buat dengan berbagai jenis dan tujuan yang berbeda, ada yang dibuat untuk mencuri data, ada yang mengambil keuntungan dari virus komputer, misalnya perusahaan penyedia antivirus membuat virus tersebut dan hanya bisa diatasi oleh produknya sendiri.

Ada contoh lagi, dari sebagian pengguna komputer pasti pernah mendengar dengan fenomena virus “Ransomware” ya jika komputer terserang virus tersebut maka akan mengalami penguncian data yang sangat ketat, komputer yang ingin kita akses harus membayar sekian bitcoin untuk mengirim sebuah alamat wallet tertentu.

Ransomware menyerang Indonesia akan ada banyak Rumah Sakit dan Perbankan yang sistemnya rusak sehingga pelayanan yang ada akan terhenti dengan sendirinya. Kejadian ini merupakan salah satu contoh dari serangan virus yang heboh di Dunia.

Baca: Pengertian Ping Serta Fungsinya


Sejarah Virus Komputer

Virus pertama yang ditemukan dalam sebuah penelitian eksperimen paling berbahaya dalam dunia komputer, yaitu ketika di ciptakan sebuah program bahaya dalam sistem komputer yang berjalan otomatis dan menampilkan kalimat “I AM CREEPER : CATCH ME IF YOU CAN”.

Program tersebut dinamakan creeper pada tahun 1970. Akhirnya virus yang pertama hanya bisa berinteraksi ketika jaringan ada di rumah saja.

Ketika jaringan internet global di temukan, lalu bisa digunakan maksimal dan secara masal oleh seluruh orang di dunia, Pada akhirnya program ini bisa di gerakan ke segala penjuru dunia, dan menyerang segala macam komputer yang di singgahinya.

Baca: Cara Mudah Mematikan Windows Update Otomatis di Windows 7


Cara Kerja Virus Komputer

Virus terbagi beberapa macam secara umum seperti, Trojan, Worm, Spyware, Adware, Ransomware, Malware, Rootkit, Backdoor, Rogue dan lainnya. Virus yang telah disebutkan tadi adalah jenis virus yang bisa melakukan cloning atau salinan diri menjadi lebih banyak, yang mengakibatkan penumpukan pada data – data yang tidak penting.

Hasilnya adalah sumber daya komputer sendiri yang semakin berkurang, pedahal didalam komputer tersebut hanya memiliki sedikit file saja, kinerja RAM pun akan menjadi tinggi, pedahal Kamu tidak menjalankan banyak program, yang mengakibatkan komputer jadi lelet.

Sampai sekarang sebagian besar dari virus komputer yang dibuat untuk menjalankan Sistem Operasi Windows, namun ada juga pengguna sistem lain menjadi lebih aman dari virus komputer, bukan berarti pengguna sistem operasi windows terbebas dari virus komputer, Kamu harus tetap hati – hati dalam mendownload file, terutama file jenis exe atau extensi.

Tips untuk komputer kita agar tetap aman kalian harus memasang Antivirus yang terkini dimana database selalu di update oleh si pemilik Antivirus.

Baca: Mengatasi Gagal Login “Error User Profile Cannot Be Loaded” Windows 7


Antivirus yang bagus seperti Eset, Avast, AVG dan lainnya adalah antivirus yang sangat baik selama ini. Itulah isi artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.

Written by Irvan Nurfazri
No one can bring you true happiness except Allah. Founder Hobigame.id Instagram : ig.com/irvan_gen Profile

Cara Setting Plugin LiteSpeed Cache

in Blog
  ·  

Cara Download Video di Instagram

in Blog
  ·  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *